Get Adobe Flash player

ads
andy asrul Zany Cara Mendeteksi masalah pada komputer Mendeteksi masalah pada komputer  adalah hal yang sangat penting, agar tidak mengganggu pekerjaan dan penggunaannya pada saat yang tidak dii... 5

Cara Mendeteksi masalah pada komputer

Mendeteksi masalah pada komputer adalah hal yang sangat penting, agar tidak mengganggu pekerjaan dan penggunaannya pada saat yang tidak diinginkan. Apalagi saat sedang menggunakan komputer untuk keperluan pekerjaan, tiba-tiba komputer atau laptop mengalami crash, tentu hal tersebut akan menambah tekanan yang tidak perlu pada diri Anda.
mendeteksi masalah komputer
Penting sekali bagi Anda untuk mengetahui pemasalahan sebenarnya dari Komputer yang Anda gunakan atau Anda akan mengalaminya masalah ini berulang kali dimasa mendatang. Juga, dengan mengenali komputer sendiri, penanganannya akan lebih cepat karena Anda telah mengetahui di mana letak permasalahannya.
Nah,  kali ini akan memberikan beberapa tips untuk mengetahui di mana kemungkinan letak permasalahan yang terjadi pada komputer Anda sehubungan dengan kasus yang umum terhadi.

Kinerja Komputer / Laptop Lambat

Untuk kasus seperti ini, banyak faktor yang berpengaruh dan manyebabkan lambatnya kinerja komputer Anda.
1. Kapasitas hardisk
Hardisk yang hampir penuh akan sangat memperlambat performa komputer secara keseluruhan. Periksa kapasitas hardisk yang Anda gunakan. Jika pemakaiannya telah mencapai 80% atau bahkan 90%, maka segera ambil tindakan yang dibutuhkan, misalnya:
  • Backup data yang agak jarang Anda gunakan (arsip) ke dalam media lain, seperti DVD atau media lainnya. Jika memungkinkan, Anda dapat menghapus file data yang memang tidak digunakan lagi, apalagi yang berkapasitas raksasa (umumnya file multimedia, dll)
  • Lakukan defragmentasi rutin pada hardisk, sehingga penataan file lebih kompak dan menghemat banyak space pada hardisk
  • Usahakan penggunaan kapasitas hardisk tidak lebih 80% dari kapasitas total hardisk
2. Banyaknya aplikasi yang ter-instal
Setiap program/aplikasi yang terinstall tentu akan menambahkan beban baru pada komputer Anda. Periksa kembali daftar aplikasi yang terinstal dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Ada baiknya jika Anda me-remove/uninstall program yang tidak Anda gunakan lagi atau mungkin Anda bisa mematikan service program tersebut (cara terakir butuh kejelian untuk melakukan).
3. Virus
<p>Your browser does not support iframes.</p>
Virus juga merupakan salah satu penyebab utama komputer berjalan lambat. Mengapa virus memperlambat jalannya komputer? Virus selalu melakukan interupsi pada algoritma sebuah aplikasi yang telah terinfeksi oleh virus tersebut. Selain itu virus juga membuat service-service yang mengganggu. Scan dan bersihkan harddisk Anda dari virus. Jika memang system Anda terinfeksi oleh virus maka cara ini (scanning & cleaning) pasti akan sangat meningkatkan performa komputer.

Komputer / Laptop Panas

Komputer atau Laptop pada umumnya jika terlalu panas disebabkan karena telalu lama pemakaian. Device tersebut bekerja terlalu keras, atau mungkin disebabkan karena cooling systemnya tidak berkerja dengan baik. Tanda cooling system tidak bekerja dengan baik biasanya kipasnya berbunyi kencang.
Istirahatkan komputer selama beberapa jam. Jika diperlukan, perhatikan proses cooling pada komputer telah berjalan dengan baik, seperti kipas maupun sirkulasi udaranya.
Itulah permasalahan umum yang harus Anda ketahui sebagai pengguna komputer, laptop atau bahkan gadget lain yang menggunakan system komputerisasi. Yang mana, memungkinkan untuk Anda antisipasi atau tanggulangi sendiri sebelum Anda meminta bantuan seorang profesional untuk mengatasi permalahan yang Anda anggap lebih rumit.

Input / Output

Permasalahan dengan Input/Output :
Sering kali akitifitas ber-komputer kita tidak terlepas dengan aktivitas lain; Makan misalnya. Ketika kita makan sambil beraktifitas dengan komputer otomatis serpihan makanan dan kotoran akan menempel di keyboard dan mouse yang jika itu dilakukan sering maka akan masuk kedalam. bersihkan secara rutin perbulan dengan menggunakan kuas untuk keyboard dan me-lap dengan tisu yang dibasahi dengan alkohol untuk membersihkan mouse.
Jika Port VGA, Printer, Lan Card dan lain-lain tidak berfungsi dengan baik yang harus Anda lakukan pada umumnya adalah  membersihkannya dahulu sebelum Anda mengklaim bahwa komponen ini rusak. Mengapa port output ini sering bermasalah? kasus umumnya adalah karena ada input port yang kotor oleh debu dan dimasukan keport komputer maka secara langsung akan mengotori dan menghambat transfer data.
Itulah tadi beberapa kasus umum terkait masalah yang sering terjadi pada komputer / laptop Anda. Permasalahan-permasalahan di atas biasanya bisa ditanggulangi sendiri tanpa harus membutuhkan bantuan tenaga profesional, dan tentu akan menghemat waktu Anda jika mengetahui letak masalah dan juga penanganannya.
Semoga bermanfaat dan selamat bekerja kembali….Description: Mendeteksi Permasalahan Pada Komputer / Laptop Rating: 4.5 Reviewer: Firman Ngocop - ItemReviewed: Mendeteksi Permasalahan Pada Komputer / Laptop

Related Posts On Komputer

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


Copyright © Wawasan Ipteks

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template