Get Adobe Flash player

ads
andy asrul Zany Batasan Dalam Manajemen BATASAN MANAJEMEN Istilah manajemen telah di artikan oleh berbagai pihak dengan perspektif yang ... 5

Batasan Dalam Manajemen

BATASAN MANAJEMEN
Istilah manajemen telah di artikan oleh berbagai pihak dengan perspektif yang berbeda, misalnya pengelolaan, pembinaan, pengurusan, ketatalaksanaan, kepemimpinan, pemimpin, ketatapengurusan, administrasi, dan sebagainya. Masing-masing pihak dalam memberikan istilah diwarnai oleh latar belakang pekerjaan mereka, meskipun pada kenyataanya bahwa istilah tersebut memiliki perbedaan makna.
Sebagai bahan perbandingan studi lebih lanjut, berikut ini di sajikan pendapat para ahli mengenai batasan manajemen yang amat berbeda.
  1. James A.F Stoner dan Charles Wankel (1986:4) memberikan batasan manajamen  sebagai berikut “manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian, upaya anggota organisasi dan penggunaan seluruh sumber daya organisasi lainya demi tercapainya tujuan organisasi” menurut Stoner dan Wanked bahwa proses adalah cara  sistematis untuk menjalankan suatu pekerjaan. Dalam batasan menejemen di atas prosesnya meliputi :
i)        Perencanaan yaitu menetapkan tujuan dan tindakan yang akan dilakukan
ii)      Pengorganisasian yaitu mengoordinasikan sumber daya manusia serta sumber daya lainya yang dibutuhkan
iii)    Kepemimpinan yaitu mengupayakan agar bawahan bekerja sebaik mungkin
iv)    Pengendalian yaitu memastikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan jika tercapai dilakukan tindankan perbaikan.
  1. Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard (1980: 3) mananjemen adalah suatu usaha yang dilakukan dengan dan bersama individu atau kelompok untuk mencapai tujuan organisasi. Hersey dan Blancahard lebioh menekankan bahwa definisi tersebut tidaklah dimaksudkan hanya untuk satu jenis organisasi saja, tetapi dapat diterapkan pada berbagai jenis organisasi tempat individu dan kelompok tersebut menggabungjkan diri untuk mewujudkan tujuan bersama.
Maka secara keseluruhana manajemen adalah seni dan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan.
Definisi manajemen di atas mengandung unsur-unsur sebagai berikut :
1. Elemen Sifat
  • Manajemen sebagai suatu seni dalah sebagai suatu keahlian, kemahiran, kemampuan, dan ketrampilan dalam aplikasi ilmu pengetahuan untuk mencapai tujuan.
  • Manajemen sebagai suatu ilmu adalah akumulasi pengetahuan yang telah disistematisiskan dan diorganisasikan untuk mencapai kebenaran umum
2. Elemen Fungsi
  • Perencanaan adalah suatu proses dan rangkaian kegiatan untuk menetapkan tujuan terlebih dahulu pada suatu jangka waktu/periode tertentu serta tahapan atau langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan tersebut
  • Pengorganisasian adalah suatu proses dan rangkaian kegiatan dalam pembagian kerja yang direncanakan untuk diselesaiakan oleh anggota kelompok pekerjaan, penentuan hubungan pekerjaan yang baik diantara mereka serta pemberian lingkungan dan fasilitas pekerjaan yang kondusif
  • Pengarahan adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memberikan  petunjuk dan intruksi dari seorang atasan kepada bawahan atau kepada orang yang diorganisasikan dalam kelompok formal dan untuk pencapaian tujuan bersama.
  • Pemotivasian adalah suatu proses rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh seorang atasan dalam memberikan inspirasi, semangat, dan kegairahan kerja serta dorongan kepada bawahan untuk dapat melakukan suatu kegiatan yang semestinya.
  • Pengendalian atau Pengawasan adalah suatu proses dan rangkaian untuk mengusahakn agar suatu pekerjaan dapat dilaksanakan sesuai dnegan rencana yang telah ditetapkan dan tahapan yang harus dilalui. Dengan demikian apabila ada kegiatan yang tidak sesuai dengan rencana dan tahapan tersebut, diadakan suatu tindakan perbaikan.
3.Elemen sasaran
  • Orang (manusia) yaitu mereka yang telah memnuhi syarat tertentu dan telah menjadi unsure integral dari  organisasi atau badan tempat ia bekerja sama untuk mencapai tujuan.
  • Mekanisme kerja adalah tata cara dan tahapan yang harus dilalui orang yang mengadakan kegiatan  bersama untuk mencapai tujuan.

4. Elemen Tujuan yaitu hasil akhir yang ingin dicapai atas suatu pelaksanaan kegiatan. Dalam arti lus tujuan mengandung hal seperti Objektif, purpose, Mission, deadline, standarlard, target, dan quata. Tujuan merupakan rangkaian dalam proses perencanan, dan juga merupakan elemen penting dalam proses pengendalian.

Related Posts On ekonomi ,manajemen ,pengantar manajemen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


Copyright © Wawasan Ipteks

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template