Get Adobe Flash player

ads
andy asrul Zany Filsafat Manajemen FILSAFAT MANAJEMEN Pengertian filsafat secara umum adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji hakekat s... 5

Filsafat Manajemen

FILSAFAT MANAJEMEN
Pengertian filsafat secara umum adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji hakekat segala sesuatu untuk memperoleh  kebenaran. Moekijat mengemukakan bahwa filsafat adalah suatu system pemikiran yang menjelaskan gejala tertentu dan memberikan serangkaian prinsip untuk memecahkan permasalahan yang berhubungan dengan pencapaian suatu tujuan tertentu.

Filsafat manajenem adalah bagian yang terpenting dari pengetahuan dan kepercayaan yang memberikan dasar yang luas untuk menetapkan pemecahan permasalahan manajeral. Filsafat manajemen memberikan dasar bagi pekerjaan seorang manajer. Seorang manajer memerlukan kepercayaan dan nilai yang pokok untuk memberi petunjuk yang sesuai dan dapat dipercaya guna menyelesaiakn pekerjaan. Filsafat manajemen juga memberikan desaian sehingga seorang manajer dapat mulai berfikir. Filsafat menejemen amat berguna karena dapat digunakan untuk memperoleh bantuan dan pengikut.

Menurut Davis dan Filley dalam Ukas (1978) terdapat factor-faktor dasar dalam filsafat manajemen yang diperlukan dan memiliki hubungan saling ketergantungan satu sama lain dalam mencapai tujuan. Factor-faktor tersebut meliputi hal-hal berikut.
1)      Kepentingan Umum yang artinya dalam penyelenggaraan suatu organisasi harus terlihat adanya cerminan deskripsi berbagai kepentingan, baik kepentingan pemilik, manajer, para bawahan, maupun kpentingan masyarakat lingkungan.
2)      Tujuan usaha adalah perwujudan aktivitas yang spesifik dari organisasi, baik organisasi yang bertujuan mencari laba maupun organisasi yang tidak bertujuan mencari laba. Tujuan usaha pada umumnya dapat dikatagorikan dalam tiga bentuk yaitu tujuan utama, tujuan kedua, dan tujuan tambahan.
3)      Pimpinan pelaksana adalah individu yang memberi kepercayaan untuk memimpin suatu usaha dengan menggunnakan otoritas yang telah diberikan arah kemana organisasi tersebut akan dikemudiakan.
4)      Kebijakan adalah pernyataan atau ketentuan umum yang menuntun atau menyalurkan pemikiran menjadi pengambilan keputusan oleh bawahan, serta memberikan arah kemana organisasi tersebut akan dikemudikan.
5)      Fungsi adalah aktifitas yang berhubungan dengan tujuan yang akan dicapai.  Setiap organisasi sebagai mana halnya individu pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai
6)      Factor dasar adalah factor-faktor produksi asli atau turunan baik berupa alam, tenaga, modal, serta pendukungnya yang merupakan elemen yang harus ada dalam penyelenggaraan organisasi.

Related Posts On ekonomi ,manajemen ,pengantar manajemen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


Copyright © Wawasan Ipteks

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template