Get Adobe Flash player

ads
andy asrul Zany Keterampilan Dan Peran Manajer KETERAMPILAN DAN PERAN MANAJER Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard (1980: 67) mengemukakan ba... 5

Keterampilan Dan Peran Manajer

KETERAMPILAN DAN PERAN MANAJER

Paul Hersey dan Kenneth H. Blanchard (1980: 67) mengemukakan bahwa terdapat tiga bidang ketrampilan yang penting untuk melaksankaan proses manajemen bagi seorang manjer. Bidang ktrampilan yang dimaksud adalah sebagai berikut :
1. kterampilan teknis (Tecnikal skill)
Yaitu kemampuan untuk menggunakan pengetahuan, metode, prosedur, teknik, dan akal yang diperlukan untuk melaksanakan tugas spesifik yang diperoleh lewat pengalaman, pendidikan, dan pelatihan. Manajer membutuhkan ktrampilan teknis yang cukup untuk menjalankan alat dari suatu pekerjaan tertentu yang menjadi tanggung jawabnya.   
2. Ketrampilan manusiawi (human skill)
Yaitu kemampuan dan pertimbangan  yank diusahakan  bersama orang lain, termasuk pemahaman mengenai motivasi dan aplikasi tentang kepemimpinan yang efektif. Manajer cukup memiliki ketrampilan hubungan mamnusiawi agar dapat bekerja dengan para bawahan dalam organisasi dan mengelola kelompoknya sendiri
3. Ketrampilan konseptual (conceptual skill)
Yaitu kemampuan memahami kompleksitas keseluruhan organisasi tempat seseorang beradaptasi dalam oprasi. Pengetahuan tersebut membenarkan sesorang untuk bertindak sesuai dengan tujuan keseluruhan organisasi, dari pada hanya dijadikan dasar tujuan umum dan kebutuhan kelompok yang mendesak.              
 
Dalam suatu organisasi manajer harus mampu melaksanakan peran diantaranya yaitu :
1. Peran antar pribadi manajer  (The Manger’s interpersonal  roles)
Dalam peran antar pribadi, manajer harus bertindak sebagai tokoh, sebagai pemimpin dan sebagai penghubung agar organisasi yang dikelolanya berjalan denga lancer. Sebagai tokoh manajer sering kali berperan sebagai seorang tokih dengan melakukan tugas seriminial, seperti menyambut tamu, menghadiri pesta perkawinan bawahan, meghindari undangan dan sebagainya.
2. Peran informasional manajer (the manager informational roles)
Delam perang sebagai informasional dalam suatu organisasi manajer bertindak sebagai pengumpul dan penyebar informasi. Dalam hal ini manajer harus memainkan tiga peran yaitu peran pemantau, peran penyebar, dan juru bicara.
3. Peran mengambil keputusan manajer (the manager decisional roles)
Dalam peran ini manajer harus bertindak dalam empat peran yang bertalian  dengan pengambilan keputusan yang dapat di ambil oleh manajer. Peran manajer yang dimaksudkan adalah peran wirausaha, peran pereda gangguan, peran pengalikasian sumber daya dan peran perunding.

Related Posts On ekonomi ,manajemen ,pengantar manajemen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


Copyright © Wawasan Ipteks

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template