Get Adobe Flash player

ads
andy asrul Zany Kualifikasi Seorang Pemimpin KUALIFIKASI SEORANG PEMIMPIN Seseorang yang memiliki posisi manajer , seperti yang telah dides... 5

Kualifikasi Seorang Pemimpin


Seseorang yang memiliki posisi manajer, seperti yang telah dideskripsikan pada terdahulu tidak selalu sekaligus menjadi pemimpin. Kualitas yang harus dimilki oleh manajer dalam setiap system sering kali berbeda dengan system lain. Oleh Karena itu, sangat sulit untuk menetapakan kualifikasi seorang pemimpin yang berlaku dalam segala zaman dan keadaan.
Chaster I. Bernad (1968) berpendapat bahwa kepemimpinan memiliki dua aspek. Pertama adalah kelebihan individual teknik kepemimpinan. Seorang yang memilki kondisi fisik yang baik, memilki ketrampilan yang tinggi menguasai teknologi, memilki persepsi yang tepat, memilki pengetahuan yang luas, memiliki ingatan yang baik, serta imajenasi yang meyakinkan akan mampu memimpin bawahan. Kedua adalah keunggulan pribadi dalam hal ketegasan, keuletan, kesadaran, dan keberhasilan.

Berbeda dengan Benard, Hersey dan Blancard mengklasifikasikan keahlian yang diperlukan bagi seorang manajer manjadi tiga tingkat berikut ini :
1. mengerti prilaku masa lampau (Understanding Past Behavior)
Yang utama manajer harrus mengerti mengapa orang berprilaku sebagaimana yang mereka lakukan.
2. memprediksi prilaku masa depan (Prediciting Future Behavior) yang pada dasarnya memahami prilaku masa lampau saja tidak cukup. Mungkin lebih penting  adalah mampu memprediksi apakah yang akan mereka lakukan sekarang, besok, minggu depan, dan seterusnya pada kondisi lingkungan yang dinamis.
3. Pengarahan, Perubahan, dan Pengendalian Prilaku (Direction, Changing, and Controling Behavior).

Terlepas dari dua pendapat di atas pada esensinya kualifikasi kepemimpinan yang memungkinkan seorang manajer maminkan peranya dalam menopang kondisi yang ada meliputi hal-hal berikut
1. watak dan kpribadian yang terpuji
Agar para bawahan maupun orang yang berada di luar organisasi mempercayainya, sesorang manajer harus memilki watak dan kpribadian yang terpuj, manajer adalah cermin bawahan.
2.Prakarsa yang Tinggi
Seorang pmimpin hendaknya seorang self starte memiliki inisiatif sendiri. Ia mengajukan gagasan dan bersedia menanggung resiko kegagalan bersamaan dengan adanya kesempatan untuk memperoleh keberhasilan.
3. Hasrat melayani bawahan
Seorang harus percaya bawahan, mendengarkan pendapat mereka, berkeinginan membantu, serta menimbulkan dan menggabungkan ketrampilan agar karier mereka meningkat.
4. Sadar dan paham kondisi lingkungan

Seorang manajer tidak hanya menyadari mengenai apa yang sedang terjadi di sekitarnya, tetapi juga harus memiliki penmgertian yang memadai sehingga dapat mengevaluasi perbedaan kondisi lingkungan tersebut untuk kepentingan organisasi dan para bawahanya.
5. Intelgensi yang tinggi
Seorang manajer harus memilki kemampuan berpikir pada taraf yang tinggi ia dituntut untuk mampu menganalisis permasalahan dengan efektif, belajar dengan capat, dan memiliki minat yang tinggi untuk mendiami dan menggali suatu ilmu pengetahuan.
6. Berorentasi ke masa depan
Seorang pemimpin harus memiliki intuisi, kemampuan memprediksi, dan visi

Related Posts On ekonomi ,manajemen ,pengantar manajemen

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar


Copyright © Wawasan Ipteks

Sponsored By: Free For Download Template By: Fast Loading Seo Friendly Blogger Template